Sofa, furniture untuk tempat duduk dan berbaring dengan nyaman

Sofa adalah furniture yang dibangun dan dibuat sebagai tempat untuk meletakkan tubuh dengan nyaman dan enak. Jika furniture yang lain seperti :kabinet, almari atau meja dibuat sebagai tempat meletakkan barang, maka sofa dibuat sebagai tempat untuk meletakkan manusia. Sofa merupakan furniture yang digunakan sebagai tempat untuk duduk, berbaring dengan nyaman. Kenyamanan dan keamanan merupakan faktor penting yang harus dipenuhi oleh sofa. Sofa jaman dulu mungkin memiliki bentuk dan penampilan yang relatif terbatas, bentuk-bentuk yang kaku dan simple karena harus bisa memenuhi fungsi utamanya untuk bisa memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Namun demikian dengan berkembangnya teknologi konstruksi dan produksi, maka sofa saat ini sudah tersedia dalam berbagai macam model-model dan bentuk yang menarik dan indah. 



konstruksi sofa

Konstruksi sofa

Sofa pada dasarnya terdiri dari beberapa komponen utama yang saling mendukung untuk bisa berfungsi sebagai furniture yang nyaman dan estetis

  • Frame

The frame adalah komponen sofa yang berfungsi sebagai tempat untuk menyangga bagian-bagian sofa yang lainnya. Ada banyak pilihan bahan yaitu kayu, logam, rotan atau bahan sintetis dengan berbagai macam bentuk dan model. Kayu keras seperti oak, mahony, maple, dll merupakan salah satu bahan utama untuk frame sofa sampai saat ini. Kayu merupakan bahan alam dengan banyak kelebihan untuk digunakan sebagai frame yaitu antara lain : kuat, mudah dibentuk dan memiliki keindahan alami yang tidak tergantikan. Sofa dengan frame kayu menjadi pilihan yang sangat baik untuk melengkapi ruangan yang menggunakan mebel kayu .

BEsi merupakan bahan logam yang paling banyak digunakan untuk frame. Frame dari besi dengan finishing yang tepat bisa menghasilkan sofa yang indah dan menarik.

  • Upholstery

Upholstery adalah bagian terluar yang membungkus cushion yang sebenarnya merupakan bagian yang memberikan tampilan yang paling besar. Kain merupakan bahan untuk upholstery yang paling banyak digunakan untuk berbagai macam sofa. Kain upholstery mempunyai banyak macam dan vareasi mulai dari warna, pola dan model sampai dengan ketebala dan tekstur. Kain untuk upholstery ini merupakan salah satu unsur utama untuk menentukan nilai estetika dan kenyamanan dari sofa. 

Bahan lain yang banyak digunakan sebagai upholstery adalah kulit binatang. Kulit untuk upholstery memiliki kelebihan karena dia memiliki sifat sejuk dan dingin dan memberikan kesan mewah dan mahal. Selain kulit alam, maka banyak juga yang menggunakan kulit sintetis yaitu bahan seperti kulit tetapi merupakan hasil dari rekayasa industry. Kulit sintetis ini memiliki vareasi penampilan yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan kulit alam, dan didapat dengan harga yang lebih murah.

  • Support atau base

Support adalah bagian sofa yang menyangga cushion. Ada beberapa pilihan untuk support ini dari yang paling sederhana yaitu berupa papan datar atau bentuk rajut dari bahan elastis. Support dari rajut akan memberikan tambahan kelenturan dari rajutnya selain dari foam dari cushionnya saja. Beberapa model sofa menggunakan peer di dalamnya untuk membuat sofa menjadi lebih fleksibel dan nyaman untuk digunakan. 

  • Cushion

Cushion adalah bahan dalam dari sofa yang berfungsi untuk memberikan sensai empuk dan nyaman. Cushion untuk sofa saat ini sebagian besar adalah foam yang merupakan bahan sintetis dengan berbagai macam densitas dan spesifikasi. Semakin tinggi densitas maka semakin firm dari sebaliknya semakin rendah densitas maka sofa akan terasa lebih empuk. 
Cushion dari bahan alam yang dulu sering digunakan adalah kapuk, atau kapas dan bulu angsa. Namun saat ini sudah sangat jarang digunakan karena alasan harga dan ketersediaan.

Model-model sofa

Sofa pada masa kini sudah menjadi salah satu furniture yang penting. Dengan berkembangnya industri sofa, maka ada banyak model dan jenis sofa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari manusia saat ini.

  • Sofa seat

yaitu sofa yang dibuat dengan tujuan utama sebagai tempat duduk. Sofa ini bisa saja berupa sofa yang berdiri sendiri, bisa juga dibuat dengan kesatuan dengan mebel yang lain seperti kursi, atau bangku.  Sofa ini banyak dipasang sebagai tempat duduk di ruang tamu atau ruang keluarga. Sofa yang berdiri sendiri bisa dibuat dengan 1 dudukan 2 dudukan atau 3 dudukan atau 4 dudukan.  

Sofa seat bisa dibuat dengan frame yang menarik dengan berbagai macam bahan dan design. Frame dari kayu dengan banyak ukiran banyak ditemukan untuk membangun furniture klasik yang anggun dan mewah, Sofa dengan frame yang simple juga bisa dipilih untuk membawa kesan simple, praktis dan fungsional. 

  • sofa seksional

Merupakan sofa yang terdiri dari beberapa bagian yang bisa disusun sesuai dengan kebutuhan. Sofa ini biasanya digunakan untuk mengisi ruangan yang besar. Sofa ini terdiri dari bagian-bagian independen yang dapat disusun ulang sesuai keinginan.

  • Sofa bed

Sofa yang bisa digunakan sebagai tempat berbaring atau tiduran selain sebagai tempat duduk. Sofa ini  bisa mempunyai dasar yang lebar dan sandaran yang panjang yang memungkinkan sebagai tempat berbaring dengan nyaman. 

Tips dalam memilih sofa

Sofa merupakan salah satu furniture yang banyak digunakan untuk mengisi ruangan. Dengan banyaknya pilihan yang ditawarkan oleh industry furniture, maka sebenarnya anda semakin dimudahkan untuk memilih sofa yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut ini beberapa tips untuk memilih sofa

  • Sesuaikan dengan dekorasi ruangan

Meskipun fungsi utamanya adalah untuk memberikan kenyamanan, namun tentu saja sofa juga diharapkan untuk membrikan unsur keindahan dalam ruangan. Karena itu, maka pilihlan sofa dengan model dan bentuk yang bisa mendukung dekorasi ruangan. Pilih tema dekorasi ruangan yang anda inginkan kemudian pilihlah sofa yang sesuai. Ada banyak pilihan model, bentuk dan warna yang saat ini ditawarkan oleh industry furniture yang bisa anda pilih. Bahkan anda bisa saja memesan sofa dengan bentuk dan model custom sesuai dengan selera dan keinginan anda.

  • Faktor kenyamanan

Faktor kenyamanan merupakan salah satu faktor utama dari sofa karena itu pada saat memilih dan membeli sofa, harus dipastikan bahwa sofa tersebut dapat digunakan dengan nyaman. Ada banyak faktor yang menentukan kenyamanan dari sofa yaitu mulai dari bentuk ukuran dari sofa, jenis dan ketebalan dari busa dan isian yang digunakan sampai dengan jenis dari upholstery yang dipakai. Pilihan terhadap bahan dan kuallitas pengerjaan akan menentukan kualitas kenyamanan dari sofa. Pada saat anda membeli sofa, maka sebaiknya dicoba dulu sehingga anda bisa memastikan bahwa sofa tersebut bisa digunakan dengan nyaman.

  • Perawatan dan pembersihan

Pada saat dipasang dan digunakan dalam ruangan, maka sofa akan selalu membutuhkan perawatan supaya bisa digunakan dalam waktu yang lama.  Sofa dengan upholstery dari kain yang bertekstur akan cenderung menyerap debu dari lingkungannya dan membutuhan alat pembersih yang tepat. Ada beberapa jenis sofa yang bisa dilepas dan dicuci secara terpisah dari frame nya sehingga memudahkan dalam proses pembersihan dan perawatannya. 

Pada saat memilih sofa, maka pastikan anda bisa melakukan perawatan terutama membersihkannya dengan baik.

  • Kesehatan
Sofa akan digunakan sebagai tempat duduk atau berbaring yang artinya, permukaan sofa (upholstery) akan banyak bersentuhan dengan kulit dan anggota tubuh anda. Karena itu pastikan sofa anda aman dan tidak menimbulkan masalah kesehatan. Jika anda mempunyai alergi terhadap bahan-bahan tertentu, maka pastikan sofa yang anda pilih tidak dibuat dari bahan-bahan yang menimbulkan alergi bagi anda.
  • Keamanan
Sofa sebagai furniture dalam ruangan sebaiknya dibuat dari bahan yang aman. Salah satu resiko yang perlu dipertimbangkan adalah bahaya kebakaran. Untuk alsan ini, maka sangat disarankan untuk memilih cushion dan upholstery dari bahan yang tidak mudah terbakar. Jika anda memilih sofa dari bahan sintetis, maka pilihlah dari bahan yang tidak mudah terbakar. Kulit binatang secara alami mempunyai sifat tahan api sehingga relatif aman dari bahaya api. Namun demikian sangat dianjurkan untuk menyiapkan peralatan dan alat untuk mengantispasi bahaya kebakaran pada ruangan. 

Related Posts