Pemilihan Warna untuk Dekorasi Ruangan

Warna memiliki pengaruh yang sangat penting dalam interior design. Warna merupakan salah satu alat untuk membangun suasana yang diinginkan (atmosphere) untuk ruangan. Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan suasana hati, menciptakan perasaan kenyamanan, dan mengubah tampilan keseluruhan ruangan. Pengaturan warna merupakan cara yang sederhana dan relatif murah dalam penataan dekorasi ruangan. Dinding dan plafon ruangan merupakan obyek utama yang digunakan untuk mengatur warna pada dekorasi ruangan. Ada banyak jenis cat yang dapat digunakan untuk mewarnai dan membentuk warna bangunan dan ruangan sesuai dengan keinginan dan selera anda. Selain dengan pengecatan, telah tersedia juga alat pewarna lain seperti stiker atau partisi yang bisa digunakan untuk membentuk warna dengan mudah dan murah.

Selain dinding dan plafon, pemilihan warna untuk lantai, perabotan dan asesoris ruangan merupakan tool yang bisa dimaksimalkan untuk membangun dekorasi ruangan sesuai dengan kebutuhan. 


dekorasi ruangan dengan dominasi warna gelap


Beberapa hal yang perlu diperimbangkan dalam pemilihan warna ruangan 

Fungsional dari ruangan

Warna memiliki efek psikologis yang sangat kuat, warna-warna tertentu dipercaya membawa suasana kejiwaan tertentu yang berbeda-beda. Misalnya, biru sering dikaitkan dengan ketenangan dan produktivitas, sementara merah dianggap dapat meningkatkan energi dan stimulasi, warna kuning memberikan kesan hangat dan optimism, dll. Efek psikologi ini tentu saja merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan warna untuk ruangan. Pertimbangkan fungsi dari ruangan dan suasana psikologis yang diharapkan dari ruangan untuk memilih dan menentukan warna yang cocok untuk ruangan tersebut. Misalnya, dalam ruang tidur, pilihlah warna yang menenangkan untuk membantu tidur nyenyak, sementara dalam ruang kerja, pilihlah warna yang meningkatkan konsentrasi dan produktivitas.

Kombinasi warna 

Warna dalam dekorasi tidak pernah tunggal, tetapi selalu merupakan kombinasi beberapa warna. dinding, plafon, lantai dan furniture biasanya memiliki warna-warna yang berbeda-beda yang disusun dengan dengan baik. Pilihlah 1 warna yang dominan sesuai dengan atmosfer yang diinginkan dan kemudian tentukan warna-warna lain yang digunakan sebagai pendukung dari warna utama yang sudah dipilih. Kombinasi warna ini sebaiknya diatur dengan baik untuk menghasilkan keseimbangan antara warna utama dan pendukungnya. 

Pencahayaan dan lampu 

Warna yang dari satu benda merupakan hasil dari sinar yang dipantulkan oleh benda tersebut. Karena itu warna akan kelihatan berbeda jika cahaya yang mengenainya berbeda. Karena itu dalam mengatur dan memilih warna, maka perlu dipertimbangkan juga warna dan penyinaran yang akan dilakukan untuk ruangan tersebut. Jika ruangan menerima banyak cahaya alami, maka warna yang lebih cerah dan terang bisa dipilih untuk mencegah kesan kusam. Sebaliknya, jika cahaya alami terbatas, maka warna yang lebih hangat dan lembut akan membantu untuk menciptakan suasana yang nyaman dalam ruangan. Pemilihan jenis dan sinar lampu bisa digunakan untuk menciptakan dan membangun pewarnaan yang dibutuhkan sesuai dengan atmospher ruangan yang diinginkan.

Selera dari penghuni ruangan

Setiap orang memiliki selera terhadap warna tertentu dan pemilihan warna yang sesuai ini akan membawa suasana yang nyaman dan menyenangkan bagi penghuni ruangan tersebut. Selera terhadap warna ini dibentuk dan dipengaruhi oleh latar kehidupan dan budaya dari orang tersebut. Pengenalan terhadap latar belakang, budaya dan selera dari penghuni ruangan akan membantu untuk bisa memilih warna yang sesuai untuk dekorasi yang dibangun untuk ruangan.


Related Posts